Edaran Terbaru Walikota, Sekolah Masih Online

Surat Edaran Walikota tertanggal 21 Juli 2021

OKEBENGKULU – Ini informasi penting bagi orangtua. Apa? Proses belajar mengajar di Kota Bengkulu masih dilakukan secara daring atau online. Hal ini berlaku untuk TK/PAUD/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA maupun Perguruan Tinggi. Hal ini guna mencegah penularan virus covid 19 yang masih cukup tinggi di Kota Bengkulu. Demikian salah satu bunyi edaran terbaru Walikota Bengkulu tertanggal 21 Juli 2021.

               Berdasarkan Surat Edaran Walikota Nomor: 360/146/BPBD/2021 tanggal 21 Juli 2021 Tentang PPKM dan Penghentian Kegiatan yang Bersifat Keramaian/Kerumunan, selain proses belajar mengajar masih online, pelaksanaan pekerjaan perkantoran sebanyak 75 persen menerapkan WFH (Work From Home) dan 25 persen WFO (Work From Office). Kebijakan ini berlaku untuk perkantoran pemerintah, pemerintah daerah, BUMN/BUMD dan swasta.

               “Tidak mengadakan kegiatan yang menimbulkan keramaian atau kerumunan seperti resepsi pernikahan, aqiqah, sunatan, syukuran, tabliq akbar, tabliq musibah, pasar malam, kegiatan seni, kegiatan budaya, kegiatan olahraga, kegiatan swasta, termasuk seminar, pelatihan atau rapat, “ tegas Walikota dalam surat edarannya.

               Dikatakan, edaran tersebut diterbitkan untuk meneruskan Inpres No 23 Tahun 2001 tanggal 20 Juli tahun 2021 Tentang Perpanjangan PPKM Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid 19. “Ini untuk kepentingan kita semua menyelamatkan masyarakat dari ancaman penularan virus covid 19,” ujar Walikota.

               Sedangkan untuk kegiatan di tempat ibadah, walikota mengimbau agar aktifitas ibadah dilakukan di rumah masing-masing. Baik agama Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha maupun agama lainnya.

Kepsek: Kami Belum Tatap Muka

               Sementara itu, menyikapi edaran walikota tersebut, pihak sekolah yang dihubungi okebengkulu.com mengaku siap menjalankan. Kepala SMPN 4 Kota Bengkulu, Mala Hartati, M.Pd, mengatakan proses belajar mengajar di sekolahnya memang masih secara online. “Kita sudah menjalankan instruksi seperti tertuang dalam edaran walikota. Kita belum tatap muka untuk proses belajar mengajar. Masih online,” tegas Mala Hartati.

               Dikatakan, pihaknya berharap agar virus covid ini segera sirna. Sehingga proses belajar mengajar bisa kembali normal seperti semula. “Kita sama-sama berdoa supaya covid segera lenyap. Makanya kita sangat menekankan agar mematuhi prokes. Maklumi dulu kalau sekarang sekolah masih online,” ujarnya.

Mall Dibuka Sampai Pukul 17.00 WIB

               Bagaimana dengan mall? Menurut Walikota, aktifitas di mall atau pusat perbelanjaan dibolehkan, namun dibatasi buka sampai pukul 17.00 WIB. Selain itu, jumlah pengunjung juga dibatasi maksimal 25 persen dari kapasitas dan menerapkan protocol kesehatan secara ketat. “Saya berharap kebijakan ini bisa dipatuhi demi perlindungan kita bersama,” tambah Walikota.

               Ketentuan yang sama juga berlaku untuk rumah makan, kafe, warung makan, pedagang kaki lima, lapak jalanan, baik yang berlokasi di dekat pusat perbelajaan maupun di tempat tersendiri, hanya buka sampai pukul 17.00 WIB. “Untuk layanan makanan melalui delivery/take awas tetap diizinkan sampai pukul 20.00 WIB,” tambahnya. (nec)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *